ANEKA RESEP MASAKAN SELURUH DUNIA

Blini Koktail Khas Rusia

0

Makan pesta yang satu ini berasal dari Rusia. Berbentuk kue sebagai kudapan tamu dalam pesta. Blini Koktail adalah masakan yang populer hingga tersebar di berbagai dunia dan dihidangkan oleh restoran-restoran ternama. Biasanya Blini Koktail disajikan sebagai makanan ringan untuk tamu. Untuk membuat Blini Koktail anda hanya memerlukan waktu 45 menit saja. Anda ingin menyajikan menu yang satu ini untuk pesta anda?
Berikut resep masakan pesta Blini Koktail ala Rusia:
Bahan Blini koktail:
140 g tepung buckwheat atau 1:1 dengan tepung terigu biasa
1 sachet (7 g) ragi kering
1 sdt garam
1 butir telur, pisahkan kuning nya
1 sdt gula
170 ml susu hangat
1 sdm mentega untuk menggoreng
Untuk Penyajian Blini koktail:
Creme fraice atau krim asam
Sekaleng kecil kaviar dan/atau keta(telur ikan) salmon
Herba, semisal irisan lokio dan tangkai dill
Kurang lebih 4 potong salmon asap, iris halus
Cara Membuat Blini koktail:
1. Campur tepung, ragi, dan garam dalam mangkuk dan buat lubang di tengahnya. Kocok kuning telur dengan gula dan 170 mi air hangat lalu tuangkan dalam lubang tersebut. Uleni sampai rata, lalu tutupi dengan kain basah. Biarkan dalam suhu ruang sampai mengembang dua kali ukuran semula.
2. Kocokkan susu ke dalam adonan supaya rasanya penuh krim. Tutup kembali dan biarkan 1 jam sampai gelembung kecil terlihat di permukaan adonan.
3. Kocok putih telur sampai menjadi busa putih yang tinggi dan campurkan ke dalam adonan.
4. Panaskan wajan lebar atau wajan pembuat dadar dan olesi dengan mentega. Tuangkan kira-kira 1 sdt adonan untuk membuat kue dadar yang diameternya 2,5 cm. Masak selama 2-3 menit sampai permukaannya bergelembung. Balikkan kue dadar dengan pisau palet dan masak sisi satunya selama 2 menit.
5. Letakkan blini pada sebuah piring, yang disimpan dalam oven supaya tetap hangat selagi Anda memasak sisa adonan. (Jangan ditumpuk), Sajikan hangat.
6. Untuk penyajian, beri atasnya sesendok penuh crerne tra/che, sedikit lokio atau dili, dan sedikit kaviar atau keta atau seiris salmon asap.
Catatan: Resep Blini koktail ini hanya untuk 24 porsi.
Tips:
  • Jika anda ingin menyimpan makanan ini anda harus menrahnya dalam wadah kedap udara dan waktu maksimal makanan ini sampai dengan 3 hari.
  • Jika anda ingin menghidangkannya anda harus memanaskannya kembali dama oven dengan suhu 200°C.

0 comments:

Post a Comment